9 Cara Menjaga Android Supaya Tetap Aman

Posted on

Ponsel pintar saat ini memang memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun karena ponsel pintar diintegrasikan dengan koneksi internet, maka keamanan pun menjadi isu yang penting untuk dibahas dan diperhatikan para pengguna ponsel pintar, terutama android. Maka kali ini kita akan membahas 9 Cara Menjaga Android Supaya Tetap Aman. Meskipun memang Google telah mempersiapkan dan menyediakan berbagai tameng dalam rangka mencegah malware, namun tidak ada salahnya jika kita sendiri ikut melindungi ponsel kita dari ancaman keamanan.

Cara Menjaga Android Supaya Tetap Aman

Berikut adalah 9 cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga android kamu tetap aman:

  1. Gunakan lock screen – Lock screen penting untuk menjaga privasi pengguna android. Jika ponsel tidak menggunakan lock screen maka akan mudah bagi orang lain untuk mengakses ponsel. Pilihlah lock screen sesuai keinginan. Bisa menggunakan pattern, password, ataupun deteksi wajah.
  2. Manfaatkan fitur backup data – Secara rutin melakukan back up data penting untuk dilakukan untuk memastikan keamanan android. Ini penting terutama ketika update sistem operasi atau saat hilang data.
  3. Download aplikasi dari developer terpercaya- Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh sesuai kebutuhan. Namun penting untuk mengunduh aplikasi dari developer terpercaya seperti Google Play Store. Ini untuk meminimalisir aplikasi yang membawa malware.
  4. Manfaatkan Google Play Protect – salah satu dari 9 Cara Menjaga Android Supaya Tetap Aman selanjutnya ialah dengan memastikan untuk mendaftarkan android di Google Play Protect dan aktifkan Find My Device. Ini bisa menjaga android dari berbagai ancaman, dan bisa melacak keberadaan android jika hilanga atau dicuri.
  5. Aktifkan 2 factor authentication- Layanan ini penting untuk diaktifkan agar nantinya pengguna mendapat pemberitahuan jika sistem keamanan perangkat ada yang menerobos atau mencurigakan.
  6. Lakukan sistem update secara rutin – Sistem pada ponsel android harus secara rutin di update agar ponsel memiliki kemampuan untuk melawan malware-malware baru. Update sistem juga memiliki kelebihan diantaranya mendapatkan fitur terbaru, tampilan android lebih baik, bugs-bugs bisa terhapus.
  7. Matikan wifi dan bluetooth ketika tidak dibutuhkan – Seringkali pengguna android tidak sadar mengaktifikan fitur otomatis pada wifi atau bluetooth. Jika sedang ditempat umum, hal tersebut bisa mengancam keamanan ponsel karena wifi atau bluetooth memungkinkan malware atau bugs dari ponsel lain untuk masuk. Jadi, sebaiknya matikan fitur wifi dan bluetooth jika sedang tidak dibutuhkan.
  8. Manfaatkan aplikasi keamanan – Pengguna android harus memiliki perlindungan agar ponsel bisa aman dari virus, malware, dan isu keamanan lainnya. Aplikasi keamanan tersebut bisa dalam bentuk anti virus. Pastikan untuk mengunduh anti virus dari developer terpercaya yang direkomendasikan Google. Kemudian, scan ponsel menggunakan anti virus tersebut setiap harinya.
  9. Enkripsi ponsel android – Enkripsi dilakukan untuk melindungi ponsel android juga data didalamnya. Untuk ponsel android keluaran terbaru biasanya enkripsi sudah diatur secara otomatis. Namun untuk pengguna android dengan OS lama maka bisa mengatur enkripsi sendiri dengan cara masuk ke menu Setelan, pilih Keamanan, dan pilih Enkripsi Ponsel.

Baca juga : Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi Tanpa Aplikasi

Menjaga keamanan android juga penting saat online. Caranya, kamu harus berhati-hati dengan iklan. Jika ada pop up iklan yang meminta informasi pribadi atau ponsel, sebaiknya segera tutup iklan tersebut. Jika sudah menggunakan 9 Cara Menjaga Android Supaya Tetap Aman diatas, maka perlindungan android lebih maksimal baik dari resiko kehilangan data maupun penerobosan sistem oleh malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *