Cara Mengatasi IC eMMC Android Rusak

Posted on

Cara Mengatasi IC eMMC Android Rusak-Perkembangan di dunia gadget, khususnya untuk perangkat smartphone memang terjadi begitu cepat. Tak hanya pengembangan dari segi software yang kini ditandai dengan hadirnya versi terbaru Android Oreo, ternyata segi hardware-nya pun juga turut maju cukup pesat. Dapat kita lihat dari prosesor serial terbaru serta kapasitas memori yang sekarang jadi semakin besar juga cepat kerjanya. Apabila diperhatikan lebih jauh lagi memori yang digunakan pada smartphone sekarang ini sudah banyak ditemukan IC eMMC, meskipun masih ada beberapa yang sudah gunakan UFS sebagai salah satu piranti penyimpanannya.

Pada sebuah smartphone, khususnya untuk smartphone Android, IC eMMC ini merupakan salah satu komponen yang bisa dibilang paling sering atau mudah sekali rusak. Coba diingat – ingat lagi, kira – kira berapa seringnya Anda isi atau hapus gambar, video, maupun aplikasi yang ada pada smartphone Android Anda. Nah, faktor ini yang menjadi penyebab rusak IC eMMC pada smartphone Android Anda.

Cara Mengatasi IC eMMC Android Rusak

Sebelum kami akan membahas lebih jauh lagi mengenai cara mengatasi atau memperbaiki IC eMMC Android yang rusak, sebagai pengguna atau pun teknisi Anda harus tahu apa saja ciri – ciri pada saat sebuah smartphone Android alami kerusakan pada bagian IC eMMC tersebut. Apabila memang smartphone Android Anda mulai sering alami hang, pada saat dinyalakan hanya muncul logo smartphone, data – data banyak yang hilang tanpa diketahui penyebabnya, atau lain – lain, bahkan smartphone Anda hingga mati total, maka Anda harus curigai kerusakaan pada bagian IC eMMC-nya. Pastinya ada cara yang bisa dicoba untuk memastikan letak kerusakaan IC eMMC-nya tersebut, misalnya saja dengan memeriksa penggunaan arus listrik dengan menggunakan power supply.

Cara Mengatasi IC EMMC Android Rusak

Apabila Anda memang sudah yakin betul letak kerusakaan ada di bagian IC eMMC smartphone Android Anda, barulah Anda bisa mengikuti langkah mengatasi IC eMMC Android rusak berikut ini. Pastinya dalam setiap proses perbaikan, Anda harus mendahulukan terlebih dulu langkah yang Anda anggap paling mudah dan menyisakan proses yang sulit atau pun rumit di akhir bagian. Oleh sebab itulah Anda bisa mendahulukan proses perbaikan software ini. Banyak sekali software yang ada, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar sekalipun. Pastinya ada pula plus minusnya untuk tiap – tiap software. Namun harus Anda pahami bahwa ketika Anda beli software perbaikan yang juga disertai dengan flasher box, maka semua data atau pun file flash dari smartphone yang hendak Anda perbaiki sudah disiapkan oleh pembuat software. Sehingga Anda pun tak perlu habiskan waktu atau tenaga yang terlalu banyak.

Apabila Anda memang ingin mengatasi atau memperbaiki lewat software dan Anda menemukan jalan buntu, itu artinya kerusakaan ada pada bagian hardware smartphone Android Anda. Memang dari beberapa langkah pengecekan lagi wajib Anda lakukan, seperti halnya mengukur tegangan kerja IC eMMC juga komponen pendukung lainnya dan memastikan pula jalur sambungan dan mengecek kinerja prosesor utamanya.

Jika Anda memang sudah benar – benar yakin bahwasannya kerusakaan terjadi pada bagian IC eMMC, jadi mau tidak mau Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Harus Anda ingat di sini bahwa ada beberapa persamaan antara IC eMMC yang bisa ditukar satu sama lain. Mengingat, letak IC eMMC sendiri dengan cara dipanaskan sekarang sudah tak dianjurkan lagi. Anda bisa memilih merusak IC eMMC dengan cara mengebornya. Jika IC eMMC sudah dilepas, maka Anda tinggal memasangkan IC eMMC baru yang kondisinya masih normal.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi IC eMMC Android rusak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *