3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Posted on

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root – Pada saat Anda membeli perangkat smartphone baru, smartphone tersebut tentu sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan untuk mendukung kinerja perangkat tersebut. Aplikasi tersebut mengambil sebagian ruang penyimpanan internal di perangkat Anda. Selain mengambil alih memori internal beberapa aplikasi bawaan smartphone atau yang juga sering disebut dengan bloatware membuat smartphone Anda menjadi lemot, memakan kuota, dan memakan daya baterai sehingga lebih cepat habis.

Yang lebih menjengkelkan adalah jika smartphone yang Anda miliki memori RAM yang terbatas. Jadi memori RAM tersebut sudah banyak terkuras hanya untuk menjalankan aplikasi bawaan Android. Padahal, menurut Anda aplikasi tersebut tidak benar – benar penting. Selain itu, beberapa aplikasi bawaan juga dianggap mengganggu, khususnya pada saat proses update atau pembaruan yang akan menguras kuota paket data internet Anda.

Oleh sebab itu, tidak sedikit pengguna Android yang berusaha untuk menghilangkan aplikasi bawaan yang terpasang di perangkat smartphone tersebut. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus bloatware atau aplikasi bawaan yang terpasang di smartphone Anda. Namun kebanyakan cara yang ditawarkan mengharuskan perangkat Android Anda sudah memiliki akses root di mana tidak semua orang dapat melakukannya.

3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root

Menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android tanpa memiliki akses super user merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk dilakukan. Hal ini karena aplikasi bawaan tersebut biasanya sudah terkunci oleh sistem. Tetapi beberapa pengguna yang tidak ingin mengambil resiko dengan melakukan akses root pada perangkat Android akan berusaha mencari cara lain untuk menghapus aplikasi bawaan. Pasalnya akses root dapat memberikan beberapa resiko seperti bootlop, hang, tidak bisa masuk ke sistem, dan kehilangan klaim garansi untuk perangkat Android tersebut.

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan root pada smartphone karena khawatir dengan resikonya atau ingin bermain aman, berikut ini kita akan mengulas cara untuk menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android tanpa root. Ada beberapa cara yang akan diulas dan Anda dapat memilih salah satu cara yang paling mudah atau sesuai dengan keinginan Anda. Dengan cara berikut ini, Anda tidak perlu lagi repot – repot melakukan aktivitas sistem super user atau akses root lebih dulu sebelum menghapus bloatware yang mengganggu di perangkat, Berikut ini adalah cara selengkapnya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Dengan Aplikasi CCleaner

CCleaner telah dikenal sebagai aplikasi untuk membersihkan junk dan cache di perangkat Android. Siapa yang menyangka aplikasi yang banyak digunakan pada perangkat PC dan smartphone Android ini juga dapat membantu menghapus aplikasi bawaan di Android yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menggunakan CCleaner ketika ingin menghapus aplikasi bawaan.

Cara Menghapus Aplikasi Android Yg Tidak Bisa Dihapus

  1. Pertama-tama, buka Google Playstore dari perangkat smartphone Anda
  2. Cari CCleaner di kolom search
  3. Download dan install aplikasi CCleaner
  4. Setelah aplikasi berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut dan tap pada tiga garis yang terdapat di sudut kiri atas tampilan. Pilih menu App Manager
  5. Pilih menu System
  6. Tap pada ikon bergambar tempat sampah
  7. Saat muncul pemberitahuan tentang menghapus aplikasi sistem atau aplikasi bawaan dapat menyebabkan masalah, pilih menu Continue. Sebenarnya, menghapus aplikasi bawaan memang cukup beresiko. Tetapi jika Anda yakin menghapus aplikasi bawaan akan membuat perangkat berjalan normal, berarti Anda sudah siap untuk menanggung resikonya
  8. Pilih mana saja aplikasi bawaan yang ingin Anda hilangkan dari perangkat smartphone Android Anda
  9. Tap pada menu Uninstall
  10. Setelah itu akan muncul pemberitahuan yang mengatakan apakah Anda benar – benar sudah siap untuk menghapus aplikasi yang dipilih tersebut. Jika sudah yakin, maka tap menu Uninstall
  11. Selesai. Aplikasi bawaan yang tidak diinginkan kini sudah terhapus

Sebelum Anda menghapus aplikasi -aplikasi bawaan pada perangkat, Anda sebaiknya mencari tahu lebih dulu fungsi dari setiap aplikasi bloatware yang ingin dihapus. Pasalnya setiap aplikasi bloatware tersebut mungkin memiliki fungsi yang berhubungan dengan sistem pada perangkat Android Anda. Selain itu, sebelum melakukan cara ini, Anda sebaiknya juga membackup lebih dulu aplikasi yang akan dihapus. Jadi saat aplikasi tersebut telah dihapus dan ternyata menimbulkan masalah, Anda dapat memasangnya lagi.

Selain itu, ternyata tidak semua aplikasi dapat menggunakan CCleaner untuk menghapus aplikasi bawaan. Jadi jika perangkat Anda ternyata tidak bisa menggunakan cara menghapus aplikasi bawaan Android lewat PC dengan CCleaner ini, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan akses root atau mencoba cara selanjutnya di bawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Asus Tanpa Bantuan Aplikasi

Bagi Anda yang ingin perangkat Android tetap dalam kondisi standar atau tidak ingin melakukan root, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan atau disable aplikasi bawaan Android. Untuk melakukan disable tersebut caranya masuk ke Menu kemudian pilih Settings > Opsi Apps. Nanti akan muncul daftar aplikasi yang terinstal di perangkat. Tap dan tahan aplikasi tersebut kemudian pilih disable. Pada saat ada pop up peringatan, Anda dapat mengklik tombol OK. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi dapat didisable misalnya aplikasi SMS, kontak, telepon, dan beberapa aplikasi yang lain.

Cara disable ini juga tidak dapat membuat kapasitas memori RAM di perangkat Android menjadi lega. Alasannya, Anda hanya menonaktifkan aplikasi tersebut dan tidak menghapusnya. Walaupun demikian, Anda dapat sedikit menghemat pemakaian daya baterai karena aplikasi bawaan tersebut tidak benar – benar sedang bekerja. Jika Anda ingin mengaktifkan lagi aplikasi tersebut, maka lakukan langkah – langkah yang sama dengan langkah di atas. Tap dan tahan aplikasi yang tadi disable kemudian pilih menu Enable.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Root Explorer

Jika Anda sudah mencoba kedua cara di atas dan belum berhasil juga menghapus aplikasi bawaan pada smartphone, maka Root Explorer dapat menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh. Sudah banyak pengguna Android yang menggunakan aplikasi yang satu ini untuk menghapus bloatware yang mengganggu di perangkat smartphone mereka.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Link2SD

Alternatif cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan Link2SD. Aplikasi ini sudah  cukup populer digunakan oleh para pengguna Android untuk menghilangkan bloatware. Dengan antarmuka yang mudah, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa cara untuk menghapus aplikasi bawaan pada smartphone Android. Sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menghapus bloatware di mana setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Walaupun demikian ketiga cara tersebut diketahui sebagai cara yang paling efektif. Anda juga dapat menggunakan langkah – langkah di atas untuk cara hapus aplikasi bawaan Android Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *